11 Manfaat babadotan Untuk Kesehatan

11 Manfaat Babadotan Untuk Kesehatan > Yang Wajib Anda Ketahui Kira-Kira Apa Saja Yah Manfaat Babadotan Untuk Kesehatan? Simak Yu Informasinya Disini


11 Manfaat babadotan Untuk KesehatanBabadotan merupakan tumbuhan liar yang ditemukan di ladang, kebun, pekarangan rumah, pinggiran jalan, atau ditepi kali. Di negara cina babadotan disebut dengan sheng hong ji yang tumbuh dimana saja.

Tanaman babadotan banyak yang tidak menyukainya karena tidak enak dipandang dan dicium. Bila daunnya telah layu maka akan mengeluarkan bau tidak sedap.

Namun jangan salah tumbuhan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Babadotan mempunyai bentuk rata yang keluar dari ujung tangkal, warnanya putih. Buahnya bewarna hitam kecil. Babadotan mengandung sifat kimiawi dan efek farmakologis, seperti rasa sedikit pahit dan pedas.

1. Mengatasi Sakit telinga bagian tengah

Babadotan dapat dijadikan sebagai pengobatan sakit telinga bagian tengah. Cara mengatasinya dengan cara menggunakan daun babadotan sebagai salah satu alternatif untuk menyembuhkan sakit telinga Anda.

Caranya dengan menggunakan air perasan daun babadotan ini. Pertama cuci daun babadotan segar dengan jumlah yang sekiranya cukup, lalu tumbuklah sampai halus. lalu setelah ditumbuk, peras dan saringlah airnya. Kemudian gunakan air perasan yang terkumpul tersebut sebagai obat tetes telinga. Gunakan sehari empat kali

2. Mengatasi Luka yang menimbulkan darah

Manfaat daun babadotan ini untuk mengatasi luka yang menimbulkan darah seperti, bisul, dan eksim. Cara mengolahnya dengan cara, cucilah daun babadotan yang masih segar dengan jumlah yang sekiranya cukup sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus.

Setelah itu tumbukan daun babadotan tersebut ke bagian tubuh yang sakit. Kemudian balut dengan menggunakan perban. Lakukan penggantian perban sebanyak 3 hingga 4 kali sehari. Lakukan kebiasaan ini setiap hari hingga luka sembuh.

3. Menyembuhkan borok

Borok adalah salah satu penyakit kulit yang terjadi dibagian kulit kepala. Borok ini akan mengakibatkan rasa yang gatal dan juga keluarnya darah sari luka tersebut. Penyakit borok dapat disembuhkan dengan babadotan. dengan cara, cuci daun babadotan yang masih segar secukupnya hingga bersih.

Lalu tambahkan sekepal nasi basi dan juga seujung sendok teh garam, kemudian giling hingga halus. Lalu obati pada borok atau tempat yang sakit. Lalu balutlah dengan perban. Jangan lupa untuk sering mengganti perban ini. Lakukan hingga sembuh

4. Mengatasi Rematik

Rematik disembuhkan dengan daun babadotan. Atau bengkak karena keseleo juga dapat disembuhkan dengan daun babadotan. Cara mengobatinya yaitu: Ambil 1 genggam daun babadotan serta batang muda satu kepal nasi basi dan ½ sendok teh garam. Kemudian cucilah bahan yang tadi disebutkan.

Kemudian tumbuk daun dan batang muda tersebut bersama dengan nasi dan juga garam. Kemudian setelah menjadi adonan menyerupai bubur kental, oleskan adonan tersebut di bagian sendi yang sakit atau bengkak sambil dibalut dengan menggunakan perban. Diamkan selama 1 hingga 2 jam, kemudian lepaskan balutan. Lakukan perawatan seperti ini sebanyak 2 hingga 3 kali sehari sampai luka benar- benar sembuh. Baca Juga : Obat Rematik Di Apotik

5. Pendarahan pada rahim

Jika anda mengalami pendarahan rahim, Cobalah anda menggunakan babadotan dengan cara, Rebus 10 hingga 15 gram daun babadotan dalam 2 gelas air, biarkan hingga tersisa satu gelas air saja. Setelah dingin, saring air rebusan tersebut dan air saringnya diminum sekaligus. Buatlah ramuan ini dan minumlah sebanyak 2 hingga 3 kali sehari. Lakukan hingga pendarahan berhenti.

6. Tumor rahim

Tumor rahim merupakan penyakit yang sangat ganas . Maka untuk segera diobati dengan menggunakan daun babadotan dengan cara Rebus 30 hingga 60 gram daun babadotan kering segar atau 15 hingga 30 gram daun babadotan kering ke dalam tiga gelas air, biarkan hingga tersisa hanya satu gelas. Kemudian air rebusan ini diminum satu gelaa sehari. Lalukan kebiasaan ini secara rutin.

7. Sakit tenggorokan

Untuk mengatasi sakit tenggorokan dengan menggunakan daun babadotan dengan cara, cuci 30 hingga 60 gram daun babaditan segar hingga bersih, kemudian peras dan saring airnya. Lalu tambahkan larutan gula batu ke dalam air perasan tersebut secukupnya, dan aduklah sampai rata. Minumlah ramuan ini tiga kali sehari hingga tenggorokan sembuh.

8. Mengatasi Gigitan Malaria

Daun babadotan sangat ampuh mengatasi gigitan malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk. Untuk cara mengolahnya dengan cara, merebus 15 hingga 30 gram daun babadotan kering dalam 2 gelas air, biarkan hingga tersisa satu gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minum air tersebut. Lakukan hal ini 2x sehari.

9. Kembung, mulas, dan muntah

Kalau anda mengalami kembung, mulas, dan muntah Cara mengatasinya, dengan cara mencuci satu buah saja tanaman babadotan dengan ukuran sedang, lalu potong- potong seperlunya. Kemudian rebus dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas saja. Setelah dingin lalu saring dan minum sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bobodotan bermanfaat sebagai meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena bodotan mengandung untuk melawan infeksi dari penyakit. Maka dari itu cobalah anda mengkonsumsi bobodatan untuk terhindar dari penyakit

11. Mengatasi Memar

Jika anda mengalami memar gunakan pengobatan babadotan, Cara mengolahnya dengan cara, Rebus 10-15 gram bandotan dalam dua gelas air bersih sampai tersisa menjadi 1 gelas. Setelah dingin, saring dimium sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *