11 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

11 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan > Kira-Kira Apa Saja Yah Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan? Simak Yu Informasinya Disini


Hay Guys, taukah anda bila bunga telang sudah di kenal sejak dulu sebagai tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan? Dengan tumbuhan yang merambat yang dapat ditemukan di pekarangan, atau tepi hutan ini merupakan tumbuhan anggota suku polong-polong yang berasal dari beberapa bagian asia, namun sekarang telah menyebar loh ke seluruh daerah tropis.

Bunga telang memiliki warna yang birung terang yang dapat membuat tampilan pekarang rumah menjadi bertambah cantik. Bahkan di Asia Tenggara bunga ini dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue.

Di dalam bunga teang mengandung beberapa senyawa seperti fenol, delphirridin, triglucoside, alkoid, flavonoid, saponin, sulfur, dan ca-oksalat. Di bagian daunnya mengandung senyawa seperti kaemfol 3 glukoside dan triterperroid. Dan masih banyak sekali manfaat yang dapat di dapatkan di bunga telang ini.

Inilah 11 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

11 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan1. Bersifat Diuretik

Di dalam bunga telang terdapat senyawa yang mempunyai untuk melancarkan air seni. Caranya mudah sekali, dengan merebus 0,3 g akar kembang telang kering dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring air rebusan lalu minum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

2. Pembasmi Racun

Bunga telang dapat menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam tubuh. Cara mengolahnya, yaitu dengan menyeduh kembang telang sebanyak 2, hingga 3 kuntum dengan air panas, biarkan +/- 10 menit. Ramuan tersebut sudah siap untuk dikonsumsi. Untuk menambah cita rasa teh, kita bisa menambahkan madu atau perasan jeruk lemon ke dalamnya.

3. Melancarkan Haid

Dengan memanfaatkan bunga telang dapat dipercaya mampu mengobati gangguan masalah haid. Darah yang kotor bisa menjadi timbulnya berbagai gangguan penyakit kulit seperti timbulnya bisul. Untuk mengatasi, kamu bisa memanfaatkan akar dari bunga telang putih yang direbus lalu meminumnya secara rutin. Obat Pelancar Haid

4. Mengobati Bisul

Timbulnya bisul di bagian tubuh yang dapat atasi salah satunya adalah dengan menggunakan bunga telang telang yang ditumbuk bersama dengan gula jawa. Caranya, dengan gunakanlah hasil tumbukan tersebut sebagai obat balur pada daerah yang terkena bisul.

5. Menyembuhkan Mata Merah

Manfaat dari bunga telang dapat digunakan di masyarakat sebagai pengobatan gangguan mata merah. Caranya dengan mencampurkan 5 bunga telang dengan 50ml air. Proses tersebut akan menciptakan air berwarna biru yang kental. Setelah itu, saringlah air tersebut agar terhindar dari pecahan-pecahan bunga yang terendam. Gunakan air perasan sebagai obat tetes mata

6. Mengobati Sakit Telinga

Untuk mengobati masalah sakit telinga, dapat di memanfaatkan bunga telang. Caranya adalah dengan mengoleskan air perasan yang terbuat dari beberapa helai daun telang dengan dicampurkan sedikit garam pada bagian telinga yang terasa sakit. Lakukan hal tersebut secara teratur.

7. Mengobati Bronchitis

Bronchitis merupakan peradangan pada saluran pernafasan bisa diatasi dengan menggunakan bunga telang. Caranya dengan merebus +/- 30 hingga 60 gram akar telang dengan menggunakan 4 gelas air bersih hingga kadar air tersebut tinggal separuhnya saja. Konsumsi air rebusan tersebut dalam kondisi dingin pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas.

8. Menambah kekuatan otak

Dengan memanfaatkan bunga telang dapat meningkatkan memori membuat seseorang bisa menjadi lebih intelektual. Selain itu, Bunga telang juga memiliki efek yang sangat positif pada sistem saraf manusia, sehingga dapat membantu dalam memperkuat saraf dalam tubuh dan meningkatkan fungsi otak.

9. Menjaga Kesehatan jantung

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa, bunga telang ternyata terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan jantung yang bekerja sama kuatnya dengan beberapa obat seperti gemfribozil. Bagian yang paling ampuh untuk menjaga jantung adalah bagian akar sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung secara menyeluruh.

10. Anti HIV dan Anti Kanker

Menurut beberapa penelitian menjelaskan bahwa, bunga telang mengandung sikloidida yang dapat terhindar dari penyakit HIV. Selain itu, bunga telang juga akan membunuh sel kanker yang mengganggu integritas membran sel sehingga bisa dikonsumsi sebagai solusi kanker alami.

11. Antimikroba

Di dalam bunga telang memiliki aktivitas anti mikroba yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit yang disebabkan karena pseudomonas aeruginosa, escherichia coli dan juga klebsiella pneumonia. Dan juga manfaat bunga telang mengandung banyak sekali nutrisi khususnya antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit berbahaya, dengan minum atau mengkonsumsi ekstrak bunga telang secara teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *