13 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

13 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan > Yang Wajib Anda Ketahui Kira-Kira Apa Saja Yah Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan ?

Daun Pegagan memang aneh kedengaranya dan memang banyak orang yang belum tau daun pegagan, Tapi Perlu anda ketahui pada jaman dulu obat herbal ini banyak dimanfaatkan sebagai obat trandisional sejak hingga saat ini di berbagai negara.

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, namun daun pegagan juga dapat dipercaya mampu melancarkan sirkulasi darah hingga meningkatkan fungsi dan kinerja otak.

Apa itu daun pegagan? Daun pegagan atau antanan adalah sejenis tanaman liar yang berasal dari keluarga rumput. Dan daun pegan mempunyai nama ilmiah yaitu Centella Asiatica. Dan juga tanaman ini tubuh di sawah, tepi jalan, dan juga pekarangan rumah.

Tanaman ini juga diperkirakan berasal dari wilayah asia dan daerah tropis. Di indonesia sendiri, tanaman ini memiliki banyak nama panggilan, beberapa diantaranya adalah daun kaki dan juga daun antanan.

Inilah Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

13 Manfaat Daun Pegagan Untuk Kesehatan

Kami akan memberikan informasi rincinan penjelasan mengenai kegunaan daun pegagan ini bagi kesehatan anda Simak Yu Langsung Informasinya Di Bawah Ini:

1. Mengurangi Kecemasan

Daun Pegagan ini juga bisa bermanfaat sebagai mengurangi kecemasan sebuah penelitian asal india telah melakukan uji coba klinis mengetahui ada atau tidaknya gejala kecemasan yang terkait, seperti depresi. Dan juga mereka mengumpulkan sekitar 33 subjek tes, yang diberi dua kapsul 500 mg ekstrak pegagan setiap hari selama 60 hari. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa pengangan bisa mengurangi kecemasan.

2. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Daun Pegagan bisa juga bermanfaat untuk membantu mempercepat luka, karena sudah di jelaskan oleh beberapa penelitian bahwa daun pegagan ini sangat efektif dalam penyembuhan luka. Sebuah studi yang diterbitkan oleh “Indian Journal Of Phamarmaceutical Sciences” September-Oktober 2010. Menjelaskan bahwasanya ekstrak pegangan yang diaplikasikan selama 3 hari telah merangsang proliferasi sel dan juga sintesis kolagen pada luka.

3. Membantu Mengatasi Alzheimer

Sebuah penelitian menunjukan bahwa daun pegangan bisa membantu mengatasi Alzheimer, Tapi sayangnya pertanyaan tersebut masih membutuhkan kajian lebih mendalam untuk digunakan dalam dunia medis. Dan juga daun pegangan ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi, fungsi kognitif otak, serta kandungan antioksidannya yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel otak dari radikal bebas.

4. Meredakan Stres Sekaligus Mengatasi Insomnia

Sebuah penelitian menjelaskan bahwa daun pegangan bisa meredakan stres dan kecemasan sekaligus mengatasi insomania, dan ada beberapa senyawa yang berperan dalam manfaat ini adalah brahmoside dan brahminoside. Meski dianggap alternatif aman sebagai sarana pengobatan gangguan tidur, dan juga manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

5. Bersifat Antidepresan

Di dalam daun pegagan memiliki kandungan yang bersifat antidepresan yang di duga terdapat efek depresan dari C.asiatica dan juga di dapatkan dari peran zat kimia bernama triterpene yang terkandung pada daun ini. Pertanyaan tersebut pun didukung oleh sebuah penelitian yang melakukan uji pegagan pada beberapa orang yang menderita gangguan kecemasan. Hasil menunjukan konsumsi pegagan selama 60 hari mengurangi kadar stres juga tingkat depresi penderita.

6. Meningkatkan Sirkulasi Dan Meredakan Nyeri Sendi

Tanaman ini dapat dipercaya memperbaiki jaringan ikat dinding pembuluh darah sehingga daun ini cocok digunakan sebagai pengobatan varies. Dan juga tanaman ini bermanfaat untuk mengurangi nyeri serta proses peradangan pada sendi. Bahkan, ekstrak dauin ini dinyatakan memiliki potensi antinyeri yang mirip dengan aspirin.

7. Menyamarkan Strech Marks

Strech Marks merupakan guratan pada paha, perut atas, dan payudara yang dapat dipercaya bisa disamarkan dengan mengoleskan ekstrak pegagan. Daun Pegagan ini mampu meningkatkan produksi kolagen yang tubuh berkat kandungan senyawa organik alami triterpene. Tak hanya menyamarkan guratan yang telah ada, pegagan juga disebut mencegah munculnya guratan baru.

8. Mendukung Fungsi Daya Tahan Tubuh

Daun Pegangan ini menunjukan bahwa mampu meningkatkan sel darah putih (netrofil) dan juga dapat meningkatkan kerja sistem imun tubuh. Salah satu organisme asing yang berhasil ditangani oleh ekstrak daun pegangan adalah candida albicans, jenis ragi yang bisa menyebabkan infeksi pada vagina, mulut, tenggorokan juga esofagus.

9. Membantu Mengatasi Tukak Lambung

Sebuah penelitian menunjukan bahwa Centella Asiatica Yang mampu mempercepat proses penyembuhan tukak lambung serta pemeriksaan dibawah mikroskop menunjukan berkurangnya infiltrasi leukosit ke lapisan mukosa lambung. Dan juga bermanfaat untuk membantu memperkuat lapisan dinding lambung hal ini dinilai terjadi berkat manfaat antioksidannya.

10. Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes

Di dalam kandungan daun pegagan memiliki zat brahmoside dan brahminoside, senyawa yang dapat menimbulkan efek sedatif dan bersifat hipoglimek, pada daun pegagan. Hal ini juga terbukti oleh studi menjelaskan bahwa ekstrak daun ini mampu menurunkan kadar gula darah secara signifikan pada tikus yang menderita diabetes melalui konsumsi oral.

11. Membantu Kelancaran Sirkulasi Darah Di Kulit Kepala

Daun pegagan juga bermanfaat sebagai membantu kelancaran sirkulasi darah di kulit kepala, Dan juga daun pegagan memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah tubuh. Yang dimana memiliki kandungan nutrisi pada kulit kepala yang bisa terpenuhi dengan baik, Yang dimana untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih kuat, berkilau dan indah, serta mencegah kerotokan rambut.

12. Menghindari Tekanan Darah Tinggi

Daun pegagan juga bermanfaat sebagai mencegah terjadinya tekanan darah tinggi karena di dalamnya memiliki kandungan yang bermanfaat untuk mengurangi ketegangan di arteri dan pembuluh darah, sehingga tekanan darah bisa tetap dalam kondisi stabil, serta mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular secara umum.

13. Melancarkan Sirkulasi Darah

Daun pegangan memiliki dua manfaat penting dalam sistem peredaran darah tubuh. pertama , ekstrak daun pegangan mampu memjaga dinding pembuluh darah dan kapiler sehingga mencegah kebocoran dan membuat sistem peredaran darah menjadi lancar. Dan kedua daun pegangan ini merangsang aliran darah di dalam tubuh, yang kemudian akan meningkatkan oksigenasi di berbagai bagian tubuh (terutama organ-organ penting).

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *