15 Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan

15 Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk Kesehatan > Kira-Kira Apa Saja Yah Manfaat Daun Sambung Nyawa? Simak Langsung Yu Informasinya Disini


15 Manfaat Daun Sambung Nyawa Untuk KesehatanDaun sambung nyawa atau nama latin Gynura procumbens adalah tanaman yang sudah sering dimanfaatkan untuk pengobatan trandisional di indonesia. Daun nyawa paling sering ditemui di pulau jawa, sumatera, dan sebagian kecil di pulau bali. Tanaman ini dapat tumbuh liar, juga dikembangbiakan dengan menggunakan stek batang.

Pada pertumbuhan daun ini cukup terbilang cepat jika ditanam di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Daun sambung nyawa memiliki tumbuh lebih tipis namun lebih besar.

Daun sambung nyawa terdapat kandungan seperti, polifenol, tannin, saponin, dan quercetin, steroid, triterpenoid, dan senyawa lainnya yang bertindak sebagai antioksidan dan memberikan efek pengobatan lainnya. Dan juga mengandung mineral seperti kalsium dan natrium.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Daun sambung nyawa bisa menurunkan tekanan darah, yang memberikan efek antikoagulan atau mencegah penggumpalan darah, dan juga sambung nyawa bisa memberikan efek diuretik yang dapat membantu mengeluarkan kelebihan natrium dalam tubuh penyebab tekanan darah tinggi.

2. Membantu mengobati Ginjal

Manfaat dari sambung nyawa sebagai mengobati ginjal, yang masih berkaitan dengan efek diuretik dari daun sambung nyawa. Obat diuretik untuk pengobatan penyakit ginjal yang diberikan untuk mengurangi penumpukan cairan pada bagian tubuh tertentu.

3. Menjaga saluran pencernaan

Daun sambung nyawa bisa mengatasi masalah pencernaan, dan juga sering mengatasi disentri, karena daun ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Daun sambung nyawa dapat mengatasi penyakit radang lambung atau maag yang sering ditemui di masyarakat.

4. Mengatasi Esofagitis

Manfaat dari daun nyawa bisa mengatasi esofagitis. Esofagitis adalah kerongkongan yang merupakan saluran yang berada di tenggorokan hingga tersambung ke lambung.

Penyebab esofagitis bisa bermacam-macam mulai dari naiknya asam lambung, infeksi atau akibat reaksi alergi. Untuk mengatasinya cobalah anda menggunakan daun senyawa karena memiliki kandungan antiperadangan dan antiswelling yang dapat meredakan radang kerongkongan.

5. Membantu Mengatasi Tonsilitis

Manfaat daun senyawa dapat mengatasi tonsilitis atau radang amandel, pada kondisi ini dapat mengganggu saluran pencernaan yang kesulitan untuk menelan makanan, radang amandel pada umumnya diakibatkan oleh infeksi virus atau bakteri. Daun sambung nyawa memiliki kandungan efek antimikroba yang berfungsi untuk membantu meredakan infeksi yang diakibatkan oleh mikroorganisme.

6. Mengatasi Penyakit Sinusitis

Pada kondisi ini dimana rongga di sekitar hidung mengalami peradangan pada jenis ini dapat terjadi hingga 8 minggu, yang gelajannya seperti sakit kepala, hidung meler, atau tersumbat dan nyeri pada wajah. Maka dari itu cara mengatasinya dengan menggunakan daun sambung nyawa untuk meredakan penyakit tersebut. Baca Juga : Obat Sinusitis Di Apotik

7. Mencegah kanker dan tumor

Daun sambung nyawa memiliki kandungan senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab kanker. Menurut studi hewan menjelaskan bahwa ekstrak daun sambung nyawa dapat menghambat perkembangan sel kanker yang sudah terlanjur berkembang.

8. Menghentikan Pendarahan

Ada beberapa ramuan dari tanaman sambung nyawa serta dicampurkan dengan kunyit dan bahan lainnya dapat dipercaya bisa mengatasi pendarahan rahim atau pendarahan setelah melahirkan dan juga dapat melancarkan haid

9. Mengatasi Wasir

Ambeien atau wasir merupakan pembengkakan vena dan peradangan pada rektum serta anus yang terkadang juga disertai dengan pendarahan. Maka dari cobalah anda mengkonsumsi daun sambung nyawa sebagai lalap atau kis secara rutin dapat meredakan gejala wasir

10. Mengatasi Infeksi Kulit

Manfaat dari daun sambung nyawa dapat mengatasi berbagai infeksi kulit seperti, gigitan serangga hingga bisul. Daun sambung nyawa bisa meredakan seperti gejala seperti gatal-gatak yang umumnya muncul ketika terjadi infeksi kulit

11. Membantu Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes merupakan salah satu kondisi tidak sehat yang sangat serius yang harus memerlukan perhatian khusus. Jika anda sedang menderita penyakit diabetes maka disarankan untuk mengkonsumsi daun sambung nyawa karena memiliki sifat hipoglikemin yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Caranya pun dengan meminum air rebusan sambung nyawa secara rutin minimal satu kali dalam sehari

12. Mencegah resiko serangan jantung

Penyakit ini penyebabnya berawal dari tekanan darah tinggi, yang berhentinya aliran darah dan penggumpalan darah, daun senyawa dapat menurunkan tekanan darah tinggi, dengan kata lain daun sambung nyawa yang berkhasiat untuk melindungi kesehatan jantung

13. Membantu Mengobati Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan adanya penyumbatan pada aliran darah arteri, yang menyebabkan aliran darah menuju ke otak tidak berjalan dengan lancar. Maka dari itu cobalah anda mengatasi stroke dengan menggunakan daun sambung nyawa.

14. Membantu mengatasi kejang

Manfaat dari daun sembung senyawa yaitu dapat membantu megatasi kejang, terutama pada anak-anak. Ramuan daun sambung nyawa dapat anda manfaatkan sebagai obat untuk mengatasi kejang pada anak. Disarankan untuk mencampurkan sedikit arak pada ramuan daun sambung nyawa sebelum diminumkan pada si kecil

15. Menghilangkan kutil

Kutil merupakan tumor jinak yang meskipun tidak berbahaya namun sangat mengganggu aktifitas dan kenyamanan. Bagi anda yang mungkin saat ini sedang mengalami masalah ini, disarankan untuk menggunakan daun sambung nyawa untuk mengatasinya. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun sembung nyawa lalu letakkan pada bagian kulit dan letakan dengan menggunakan plester.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *