Manfaat Mengkonsumsi Jamu Kunyit Saat Haid

Manfaat Mengkonsumsi Jamu Kunyit Saat Haid > Emang Apakah Bisa Ketika Haid Mengkonsumsi Jamu Kunyit Mau Tau Jawabannya? Simak Yu Disini


Manfaat Mengkonsumsi Jamu Kunyit Saat HaidKunyit Merupakan Salah satu bumbu dapur yang memiliki segundang manfaat bagi kesehatan. Maka tidak heran dikenal sejak dulu dari 4.000 tahun lalu. Banyak wanita indonesia mengenal kunyit sebagai ramun yang ampuh melancarkan haid. Minuman jamu kunyit menjadi suatu andalan bagi wanita ketika sedang menstruansi.

Kunyit merupakan jenis tanaman yang mempunyai warna yang menocolok yaitu keemasan, karena mengandung beberapa nutrisiya. Bahkan tanaman akar ini di daulat menjadi makanan yang termasuk kategori makanan super. Ingat jangan terlalu mengkonsumsi kunyit, harus mengkonsumsinya dengan batas wajar atau secara teratur karena bisa menyebabkan resiko misalnya sakit perut dan memicu penyakit maag.

Berikut Beberapa Manfaat Mengkonsumsi Jamu Kunyit Saat Haid

Kebanyakan wanita pasti pernah mengalami gejala seperti kurang nyaman, sembelit, dan kram perut. Berikut ini manfaat jamu kunyit dan penjelasannya simak langsung ingformasinya disini.

1. Melawan PMS

Manfaat jamu kunyit dapat melawan PMS atau Sindrom pramenstuasi yang dapat terjadi pada setiap orang yang berbeda-beda, misalnya merasakan sakit kepala, lemas, pilek, atau muncul jerawat.

Untuk melawan berbagai jenis PMS tersebut menggunakan kunyit yang dapat mendorong daya tahan tubuh, sistem kekebalan tubuh yang bekerja dengan baik yang ampuh untuk mencegah pilek dan infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat.

2. Mengatasi Kram Perut

Yang dapat menyebabkan kram perut yaitu kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim anda. Kebanyakan wanita yang sedang mengalami kram perut begitu menyakitkan dan juga mengalami kesulitan fungsi sehari-hari yang tak mampu menahan sakitnya.

Jika anda mengalami kram perut saat haid segeralah anda mengkonsumsi jamu kunyit, karena mampu menenangkan kontraksi yang terjadi pada otot rahim dan usus.

3. Mengatasi Nyeri Haid

Ketika menstruansi tidak hanya sakit dibagian tubuh seperti punggung bawah, atau payudara juga bisa terasa sangat nyeri. Cobalah anda mengkonsumsi jamu kunyit karena mengandung sifat analgesik yang dapat mengurangi nyeri pada bagian tubuh. Pada kandungan kurkumin akan menghambat produksi prostagladin yang dapat menyebabkan peradangan dan rasa nyeri.

4. Mengatur Siklus Haid

Jika anda mengkonsumsi jamu kunyit secara rutin akan membantu melancarkan siklus haid. Secara umum siklus haid yang normal sekitar 28 hari. Kalau siklus haidnya tidak teratur yang lebih 35 hari biasannya akan mengalami nyeri lebih parah dari biasannya.

Selain itu pada aliran darah menstruansi akan jadi lebih deras atau lebih sedikit. Jamu kunyit akan memicu haid secara aman dan alamiah karena makanan super ini dikenal sebagai sumber estrogen baik bagi wanita haid.

5. Mengurangi Mood dan Depresi

Ketika perubahan hormon terjadi pada wanita akan menyebabkan perubahan emosi yang cukup drastis. Menurut penelitian dari Amsterdam belanda menjelaskan bahwa jamu kunyit dapat membantu mengendalikan emosi saat haid. Pada kandungan kunyit mengandung kurkumin yang dapat menyeimbangkan berbagai zat kimia pada otak sehingga akan terhindar dari mood, depresi dan gangguan tidur yang kerap terjadi pada wanita mendapatkan menstruansi.

6. Mencegah Infeksi

Pada saat menstruansi dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai jenis infeksi oleh jamur atau bakteri pada vagina, anda gak usah khawatir untuk menghentikan dan mencegah pertumbuhan bakteri yaitu menggunakan jamu kunyit yang dapat mengurangi gen antijamur dan antiseptik yang mampu menjaga kesehatan vagina.

7. Meredakan Perut Kembung Dan Sembelit

Jamu kunyit dapat membantu meredakan perut kembung dan sembelit. Kunyit juga mampu melancarkan pencernaan, karena mengandung antimikroba, antioksidan, dan anti peradangan. Maka jangan lupa menyediakan kunyit jika anda sering mengalami masalah pencernaan saat menstruansi.

Baca Juga : Obat Pelancar Haid Di Apotik Kimia Farma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *