Penyebab Anak Susah Buang Air Besar Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Anak Susah Buang Air Besar Dan Cara Mengatasinya , Solusi Pengobatan Alternatif Lancarkan BAB ANAK Secara ALAMI, AMAN dan TANPA EFEK SAMPING.


Ingin Tahu Bagaimana Cara Mengatasi Anak Yang Susah BAB SECARA ALAMI ?

Simak Informasinya DISINI

Penyebab Anak Susah Buang Air Besar Dan Cara MengatasinyaSelaku orang tua, pasti anda akan merasa cemas dan khawatir ketika buah hati mengalami sesuatu, misalnya mengalami SUSAH BUANG AIR BESAR sudah beberapa hari.

Susah buang air besar ( BAB ) merupakan salah satu gejala penyakit konstipasi atau sembelit, kondisi ini bisa terjadi pada setiap orang, termasuk pada bayi, balita dan anak-anak.

POla BAB yang normal setiap orang berbeda-beda dan sangat bergantung pada usia, pola makan dan kebiasaan anak.

Misalnya pada usia bayi, Terutama pada minggu-minggu pertama kelahiran, BAB-nya bisa mencapai 4-5 kali sehari . Hal itu karena bayi belum memiliki beberapa enzim pencernaan yang cukup. Meskipun tergolong normal, namun banyak orang tua yang bingung dan khawatir dengan pola BAB tersebut, dan banyak yang menyangka bahwa bayi mereka terkena diare, padahal itu bukan diare.

Setelah itu, di usia 1 sampai 4, anak memiliki pola BAB 1-2 kali sehari. Meskipun ada juga anak 1-3 tahun yang pola BAB-nya hanya 1 kali dalam 2 hari. Jadi, kalau tidak BAB dalam sehari, masih masuk kategori normal.

Anggapan yang mengharuskan BAB minimal sekali sehari adalah keliru. Demikian pula di usia selanjutnya, pola BAB tetap bisa 1-2 kali sehari, bahkan 1 kali dalam 2 hari.

Pola BAB anak bisa saja terganggu bila dia menderita sembelit atau konstipasi. Dalam kasus ini ada 3 gejala penting yang harus diperhatikan, yaitu frekuensi BAB, konsistensi atau bentuk tinja, dan keadaan klinis.

Frekuensi bisa berubah dari sehari sekali menjadi kurang dari 3 kali dalam seminggu. Bentuk tinja terkadang sangat besar atau bahkan sangat encer dan keluar sedikit-sedikit (disebut kecepirit atau enkopresis), rektum terisi penuh oleh tinja yang keras, atau teraba massa tinja pada dinding perut. Saat ingin BAB pun biasanya disertai nyeri. Bila ada satu saja gejala ini, maka anak bisa dikatakan mengalami sembelit.


Apa Saja Penyebab Susah BAB Pada Anak Anak ?

Karena Kurang Banyak Minum Air Putih

Kebanyakan anak-anak masih kurang peduli dengan masalah minum air putih, Padahal mengkonsumsi air putih sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh dan sistem pencernaan.

Kebanyakan anak-anak minum air putih hanya setelah makan saja, Oleh sebab itu peranan anda selaku orang tua sangat penting sekali untuk memastikan bahwa kebutuhan air putih anak anda harus terpenuhi agar masalah sembelit atau susah bab dapat diatasi.

Karena Kurang Banyak Makan Makanan Berserat

Kebanyakan anak-anak tidak begitu suka mengkonsumsi sayur-sayuran, Mungkin karena rasanya kurang begitu enak di lidar mereka, Dan biasanya anak-anak lebih suka mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa gurih atau manis.

Perlu anda ketahui bahwa sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga sangat bagus untuk sistem pencernaan dan melancarkan BAB, jadi jika saat ini anak anda mengalami SUSAH BAB, sebaiknya disarankan untuk mengkonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan agar BAB nya lancar.

Karena Mengkonsumsi Produk Olahan Susu Sapi

Produk-produk susu sapi atau hewan mamalia lainnya bisa menjadi penyebab anak sulit buang air besar. Anak yang terlalu banyak mengonsumsi produk susu hewani tersebut memiliki risiko sulit untuk buang air besar. Beberapa produk susu hewan misalnya yogurt, mentega, buttermilk, krim, krim keju, keju, kefir, dan lain-lain. Produk susu sapi tersebut sebaiknya dikurangi dan dikonsumsi secukupnya saja.

Karena Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Konstipasi dapat menjadi akibat sampingan dari konsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa obat-obatan yang dapat menyebabkan konstipasi antara lain antacid, narcotics, antidepressants, supplements, obat tekanan darah, dan lain-lain. Anak-anak yang mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menderita kesulitan buang air besar. Jika merasa anak menjadi sulit buang air besar setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu maka bisa dikonsultasikan ke dokter.

Karena Kondisi Kesehatan Tertentu

Penyakit tertentu pada anak dapat menyebabkan mereka kesulitan buang air besar. Beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan konstipasi antara lain diabetes, lupus, stroke, penyakit tiroid, kanker usus dan lain-lain. Penyakit-penyakit tersebut sebenarnya lebih banyak diderita oleh orang dewasa sehingga pada anak-anak risikonya cukup kecil.

Untuk Mengatasi Anak Susah BAB Kami Rekomendasikan QNC Jelly Gamat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *