Penyebab Luka Diabetes Susah Sembuh

Penyebab Luka Diabetes Susah Sembuh > Kira-Kira Apa Yah Penyebab Luka Diabetes Susah Sembuh Mau Tau Jawabanya? Makannya Simaklah Disini


Diabetes merupakan hasil ketidakmampuan tubuh untuk memproduksi atau menggunakan insulin. Insulin merupakan hormon yang memungkinkan tubuh mengubah glukosa, atau gula, menjadi energi. Jika tubuh mengalami metabolisme glokosa, maka akan menyebabkan kadar gula darah tinggi, ini yang bisa mempengaruhi kemampuan luka lama disembuhkan.

Bagi penderita diabetes, luka cenderung sembuh lebih lambat dan berkembang lebih cepat, jadi anda harus diwaspadai. Meskipun luka, goresan, dan lepuh dapat terjadi dimana saja tubuh,

Kaki adalah salah satu tempat paling umum cedera. Luka kecil di kaki dapat dengan cepat berkembang menjadi bisul kaki. Pada 14-20 persen penderita diabetes, luka diabetes pada kaki dapat memburuk sehingga sampai satu titik dimana amputasi menjadi tindakan yang harus dilakukan.

Penyebab Luka Diabetes Susah Sembuh

Penyebab Luka Diabetes Susah Sembuh1. Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar glukosa tinggi dapat menstabilkan pembuluh darah sehingga membuat darah lebih sulit mengalir. Ini berarti bahwa nutrisi dan oksigen tidak dapat mencapai sel, yang membuatnya lebih sulit untuk memperbaiki luka dalam jangka panjang, kekurangan oksigen inilah yang dapat menyebabkan sel mati pada akhirnya mengarah kemungkinan nekrosis dan amputasi.

2. Gangguan Syaraf Atau Neuropati

Penyebab dari luka diabetes yaitu terjadinya ujung saraf yang mengakibatkan gula yang tinggi dalam jangka waktu yang panjang, Yang Lama-kelaman kerusakan pada ujung saraf dan pembuluh darah akan membuat area yang rusak menjadi bebas dan kehilangan fungsi sensori.

Di dalam Kondisi Normal Tubuh terutama tangan dan kaki akan dapat merasakan sakit yang membuat menjadi waspada yang akan membahayakan atau luka yang timbul di bagian tersebut. Jika fungsi sensori menurun akibat diabetes, tubuh akan menjadi tidak awas terutama pada timbulnya luka. Akibatnya luka yang awal kecil menjadi terbengkalai hingga kemudian memburuk.

3. Gangguan Sirkulasi

Pada penderita diabetes akan mengalami gangguan pembuluh darah, gangguan pada pembuluh darah ini dapat terjadi di berbagai lokasi perifer seperti di bagian tangan dan kaki atau gangguan pembuluh darah di ginjal. Pada gangguan pembuluh darah akan menurunkan fungsi sirkulasi,

Padahal sirkulasi darah sangat penting untuk proses penyembuhan luka karena fungsi darah dapat mengangkut berbagai nutrisi dan oksigen yang diperlukan untuk proses tersebut.

Pembuluh ini dapat disebabkan oleh ganguan penyempitan pembuluh darah yang dapat menurunkan aliran darah ke alat gerak. Tingginya kadar gula dalam darah juga dapat membuat darah menjadi lebih kental, sehingga sirkulasi menjadi semakin buruk.

4. Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Sebuah dokter dari asal Amerika serikat, dr. Asquel Getaneh menyebutkan bahwa tingginya kadar gula darah yang mengidap kencing manis membuat sel-sel bertugas menjaga kekebalan tubuh atau imun yang melemah, karena itu, luka sedikit saja bisa terjadi infeksi parah yang sulit diobati. Ketika sudah luka atau jadi borok pun sel-sel imun tak bisa memperbaiki kerusakannya dengan cepat.

5. Infeksi

Jika sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik, kadar gula darah tinggi dapat meningkatkan kemungkinan infeksi, karena bakteri berkembang pada gula tambahan yang tersedia dalam aliran darah. Kadar gula darah yang tinggi dapat mencegah sel-sel kekebalan untuk melawan bakteri yang menyerang. Jika infeksi anda tidak diobati akan menyebabkan komplikasi seperti gangren atau sepsis.

Penyebab Luka Diabetes Susah SembuhPenyebab Luka Diabetes Susah Sembuh

Penyebab Luka Diabetes Susah Sembuh

Penyebab Luka Diabetes Susah Sembuh

Penyebab Luka Diabetes Susah Sembuh

Penyebab Luka Diabetes Susah Sembuh

Penyebab Luka Diabetes Susah Sembuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *